Selasa, Juli 03, 2012

Membaca atau Mengetahui Sifat Karakter Pribadi Seseorang dengan Shio


Di sini,  saya akan paparkan tentang membaca atau mengetahui sifat karakter pribadi seseorang berdasarkan Shio. Shio berasal dari tradisi penanggalan di Cina dan merupakan simbol binatang yang mewakili 12 siklus tahunan. Dua belas binatang yang menjadi simbol Shio yaitu: Tikus, Kerbau, Macan, Kelinci, Naga, Ular, Kuda, Kambing, Monyet, Ayam, Anjing dan Babi.(@yunisap)

Untuk membaca karakter, shio juga dipadukan dengan teori lima unsur, yaitu : Logam, Kayu, Air, Api, dan Tanah. Jadi setiap binatang akan ada 5 jenis, misalnya ada Tikus Logam, Tikus Kayu, Tikus Air, Tikus Api, dan Tikus Tanah. Jadi meskipun punya shio yang sama, tapi jika unsur yang melingkupinya berbeda, akan memiliki sifat-sifat yang berbeda pula. Adapun perputaran satu jenis binatang dengan unsur yang sama, akan berulang setiap 60 tahun (12 binatang x 5 unsur).

A.      Tikus
Dimulai
Berakhir
Jenis Unsur
31 Januari 1900
18 Februari 1901
Logam
18 Februari 1912
5 Februari 1913
Air
5 Februari 1924
24 Januari 1925
Kayu
24 Januari 1936
10 Februari 1937
Api
10 Februari 1948
28 Januari 1949
Tanah
28 Januari 1960
14 Februari 1961
Logam
16 Januari 1972
2 Februari 1973
Air
2 Februari 1984
19 Februari 1985
Kayu
19 Februari 1996
7 Februari 1997
Api
7 Februari 2008
25 Januari 2009
Tanah
2020
2021
Logam
2032
2033
Air

Tikus punya karakter yang jenaka, rajin, tanggap, dan cekatan. Ia juga terlihat memesona, ceria, jujur dan cenderung blak-blakan. Sifat yang lain dari Shio Tikus adalah cerdik, lincah, humoris, gaul, giat, hemat (cenderung sedikit pelit), dan percaya diri. Dan ia juga gemar pesta, dugem, kongkow dengan teman-teman, dan travelling.
Dalam hubungan, Tikus sangat tulus menyayangi teman-teman, anak buah, kerabat, dan terutama pasangannya. Terkadang, ia suka terlibat dalam kehidupan dan petualangan pribadi orang lain. Ia tidak bisa melepaskan ikatan emosi dengan sesama secara mudah. Dan ia sangat sentimental.
Dalam kehidupan, Tikus suka berkelompok. Tapi prioritas utamanya adalah menyelamatkan diri sendiri. Ia bisa menyelesaikan masalah dan pintar mengambil posisi pada saat krisis. Sepertinya, ia mempunyai bakat untuk meloloskan diri pada saat terjebak, atau kondisi gawat. Dan ia juga mempunyai bakat untuk membela diri.
Tikus yang pintar, mampu menemukan pekerjaan yang produktif. Ia memiliki rasa ingin tahu yang sangat besar, pandai mengamati, jeli pada hal-hal yang sepele, dan memiliki daya ingat yang sangat baik. Tak hanya itu, ia juga memiliki bakat sukses dalam mengelola bidang apa pun karena sangat fleksibel. Ia cocok untuk bekerja sebagai wartawan, penulis, atau sales.
Tapi, yang menjadi masalah bagi tikus adalah ketamakan. Ia suka mengerjakan banyak pekerjaan demi uang. Baginya, uang adalah gairah hidupnya. Danbisinya untuk mengumpulkan kekayaan itu, kadang membuatnya terjebak dalam keadaan yang tidak diinginkan.
1.       Shio Tikus Logam
·         Pandai menutupi perasaannya dengan bersikap gembira dan simpatik, walaupun sebenarnya ia adalah tipe pencemburu, pemarah, egois, dan posesif.
·         Cenderung idealis dan emosional.
·         Pandangannya didasarkan pada perasaannya.
·         Mencintai uang, tetapi tak segan-segan untuk mengeluarkan uang demi sesuatu yang dianggap lebih bernilai. Ia juga tahu bagaimana berinvestasi dengan baik.
·         Tidak seromantis Shio Tikus unsur lainnya, tapi ia cukup hangat dan moralis.
·         Suka sandiwara, drama, pertunjukan klasik, dan senang dengan beragam jenis olahraga.
2.       Shio Tikus Air
·         Lebih memerhatikan kegiatan batin dan kerumitan proses berpikir.
·         Pandangannya hebat, menyenangi ilmu pengetahuan, dan pandai mengutarakan pendapatnya di atas kertas.
·         Mampu bekerja keras, giat belajar, dan berorientasi untuk menggapai jenjang pendidikan tertinggi.
·         Baginya, hidup didedikasikan untuk mencari ilmu sebanyak-banyaknya dan tidak pernah berhenti belajar.
·         Tergolong pandai bergaul dengan berbagai lapisan masyarakat, penuh pengertian, dan cepat menyesuaikan diri. Tapi, sikapnya cenderung tradisional dan konservatif.
·         Lebih senang mengalun bersama pasang-surutnya gelombang kehidupan.
·         Tahu apa yang disukai dan tidak disukai oleh orang lain. Juga mengerti bagaimana cara untuk menyenangkan hati orang lain.
·         Memiliki bakat alam, yaitu pandai membuat perhitungan dalam berbagai hal. Dan sanggup mempromosikan segala bakatnya.
3.       Shio Tikus Kayu
·         Ingin meraih sukses dengan memanfaatkan segala potensi di hadapannya.
·         Terlihat simpatik, mencintai kedamaian, penuh pengertian, dan sangat mudah menyesuaikan diri dengan berbagai situasi.
·         Pandangannya cukup jauh ke depan dan memiliki rasa keingintahuan yang sangat besar.
·         Memiliki prinsip dan cukup mengerti dalam hal mengurutkan skala prioritas.
·         Cenderung egois dan tidak peduli dengan kepentingan orang.
·         Sering merasa gelisah karena memikirkan masa depannya.
·         Pada dasarnya, ia memiliki rasa percaya diri yang tinggi, mengerti banyak hal, dan mengerti apa yang harus dikerjakan.
4.       Shio Tikus Api
·         Terlihat lebih dinamis dan elegan daripada Shio Tikus lainnya.
·          Sangat aktif dan tidak pernah lelah untuk mengampanyekan rasa keadilan atau mengubah keadaan menjadi lebih baik.
·         Gemar bepergian dengan busana baru dan memiliki kedermawanan yang cukup tinggi.
·         Agresif, enerjik dan idealis, tetapi kurang pintar berdiplomasi.
·         Cenderung terlalu blak-blakan, kurang disiplin, dan suka menuruti kata hatinya.
·         Memiliki hati dan perasaan yang lembut, sehingga lebih menyukai ketentraman suasana di pedesaan daripada tempat yang bising.
·         Selalu mandiri dan tidak pernah takut berkompetisi, tapi ia sering merasa tidak puas dan kurang sabar dengan hasil yang sedang-sedang saja. Akibatnya, kehidupannya sering berubah secara dramatis.
5.       Shio Tikus Tanah
·         Lebih cepat tumbuh dewasa dan matang dibandingkan Shio Tikus unsur lainnya.
·         Baginya, kebahagiaan dan kepuasan terletak pada kondisi yang tertib, disiplin, dan tentram.
·         Sangat piawai dalam menjaga hubungan baik dengan semua orang dan lebih menyukai bekerja di satu tempat dalam waktu yang cukup lama.
·         Dalam bekerja Tergolong cermat dan efisien, sehingga tidak jarang mampu meraih target dengan ‘sekali pukul’ saja.
·         Berambisi ingin cepat sukses, merasa benar sendiri, kurang memiliki rasa toleransi pada orang lain, dan juga sering terlihat jual mahal. Tapi, pada dasarnya ia tergolong hangat dan sangat melindungi apapun yang dicintainya.
·         Standar materinya sangat tinggi, sehingga terkadang sering membanding-bandingkan keberhasilannya dengan orang-orang seusianya.
·         Tidak menyukai judi atau berspekulasi, sehingga meskipun kemajuan usahanya tampak lambat tapi berkembang secara pasti. dan ia menyukai hal yang realistis dan tidak suka hal yang muluk-muluk.
·         Berpegang teguh pada aturan dan pelaksanaan yang sudah disetujui bersama, serta mengharapkan orang lain mengikuti aturan tersebut.
·         Bisa menjadi orang yang sangat pelit.

B.      Shio Kerbau

Dimulai
Berakhir
Jenis Unsur
19 Februari 1901
7 Februari 1902
Besi
6 Februari 1913
25 Januari 1914
Air
25 Januari 1925
12 Februari 1926
Kayu
11 Februari 1937
30 Januari 1938
Api
29 Januari 1949
16 Februari 1950
Tanah
15 Februari 1961
4 Februari 1962
Besi
3 Februari 1973
22 Januari 1974
Air
20 Februari 1985
8 Februari 1986
Kayu
7 Februari 1997
28 Januari 1998
Api
26 Januari 2009
13 Februari 2010
Tanah
2021
2022
Besi
2033
2034
Air

Pribadi Kerbau sangat mudah ditebak. Ia punya sifat yang kokoh, stabil, konsisten, konvensional, mapan, dan patuh pada aturan. Selain itu, ia juga jujur, tanpa pamrih, rajin, tenang, dan seakan tanpa ekspresi saat menghadapi semua hal. Meskipun lamban, tapi gerakannya bertenaga. Wawasannya juga luas dan bisa menjadi seorang pendengar yang baik, meskipun sulit mengubah pendapatnya.
Kerbau memang terkesan sangat keras kepala dan cenderung berprasangka buruk. Tapi ia tahu semua kewajibannya dan percaya bahwa untuk mencapai kesuksesan harus dengan bekerja keras. Sekali mengucapkan janji, ia pantang mengingkarinya. Akan diselesaikannya semua pekerjaan dengan sepenuh hati sampai tuntas. Dan ia mempunyai kesabaran yang tinggi dan tidak pernah bosan dengan rutinitas yang menjemukan.
Penampilan Kerbau tampak rapi dan bersahaja. Kecerdasan dan kecakapannya tersembunyi di balik sikapnya yang dingin dan diam. Tapi meskipun introvert, ia mampu menjadi pembicara yang cakap. Kepercayaan diri yang tinggi, mampu membuatnya berjalan dengan kepala tegak. Ia memang cocok menjadi pemimpin yang bertanggung jawab, tetapi tidak cocok berhubungan dengan orang banyak.
Kerbau juga mampu menyusun skala prioritas secara jelas. Hal yang penting biasa dikerjakannya terlebih dahulu. Ia menerapkan pemikiran berdasarkan logika. Meskipun terganggu dengan urusan lainnya, ia tetap cermat dan teliti. Keluhuran budi dan moralnya yang tinggi akan mencegahnya untuk menghalalkan segala cara dalam mencapai tujuan.
Ketika kepentok dengan soal asmara, Kerbau akan menjadi gagu. Ia sangat tidak paham dengan rayuan cinta yang mendayu-dayu. Perlu upaya keras untuk membangkitkan rasa romantisme pada dirinya. Perlu waktu baginya untuk mengembangkan hubungan yang intim atau mengungkapkan perasaan kepada orang yang dicitainya.

1.       Shio Kerbau Logam
·         Pembawaannya memang kurang mesra dan relatif pendiam, tetapi ia termasuk orang yang intelek, suka musik, dan seni klasik.
·         Mengekspresikan perasaannya dengan jelas, tegas, penuh keyakinan, dan tidak pernah ragu pada sesuatu hal yang diinginkannya. Dan sikapnya yang keras serta angkuh, membuatnya tidak kenal dengan kata ‘gagal’.
·         Punya kemauan yang bertentangan dengan orang banyak dan berpegang teguh pada pendapatnya, apa pun risikonya.
·         Dapat menjadi seorang yang sangat fanatik pada sebuah aturan dan cenderung memaksakan keinginannya.
·         Punya stamina tubuh yang sangat mengagumkan, sehingga mampu mengerjakan suatu pekerjaan pada siang-malam sampai selesai tepat waktu.
·         Tergolong pendendam ketika keinginannya tidak terpenuhi atau ada seseorang yang membuat masalah dengannya.

  1. Shio Kerbau Air
·         Pribadi yang sabar, tenang, praktis, efisien, berkemauan keras, cenderung realistis, dan juga sangat berambisi mendapatkan keinginannya.
·         Punya ketajaman dalam menilai atau menempatkan segala sesuatu pada proporsinya dan sangat menghargai waktu.
·         Memiliki sikap yang lebih luwes dan terbuka dibandingkan dengan Shio Kerbau unsur lainnya. Meskipun tidak menyetujui sebuah metode baru, ia tidak keberatan untuk mengikuti atau sekadar mencoba metode tersebut.
·         Bisa bekerja sama tanpa kesulitan, asalkan rekan kerjanya tidak terlalu banyak menuntut.
·         Mampu memusatkan perhatian lebih dari satu tujuan sekaligus.  
  1. Shio Kerbau Kayu
·         Cenderung fleksibel dan tepo seliro.
·         Reaksinya lebih cepat dibandingkan Shio Kerbau unsur lainnya.
·         Bisa sopan dalam pergaulan dan segala kondisi.
·         Menjunjung tinggi keadilan dan menilai sesuatu dengan sangat objektif.
·         Meskipun terlihat luwes, mau menerima pandangan baru, dan progresif, tetapi sebenarnya ia berpikiran konservatif sehingga rela mengalah demi sebuah kebersamaan. 
  1. Shio Kerbau Api
·         Ia lebih kuat dan angkuh dibandingkan Shio Kerbau unsur lainnya, kecuali Shio Kerbau Logam.
·         Termasuk sosok yang objektif, adil, jujur, dan bicara blak-blakan, tetapi bisa bersikap sangat kasar kepada orang yang menentangnya.
·         Memiliki kontrol diri yang hebat, tetapi cenderung temperamental dan sangat mudah dibakar rasa amarah.
·         Sering tidak sabaran serta sangat bernafsu meraih kekuasaan dan kepopuleran.
·         Cukup materialistis, superior, dan cenderung meremehkan orang lain.
·         Unsur Api di dalam dirinya dapat mengubahnya menjadi seorang militan.
·         Dalam menilai kemampuannya, cenderung terlalu tinggi.
·         Kadang-kadang, tak mau bertenggang rasa terhadap orang lain walaupun sebenarnya ia termasuk orang yang tak suka mengambil keuntungan dari orang lain.
·         Ia bisa menjadi orang yang sangat protektif, terutama untuk sesuatu yang dicintainya. 
  1. Shio Kerbau Tanah
·         Ia cenderung tahan banting dan memiliki rasa kesetiaan yang tinggi, tetapi kurang kreatif dibandingkan dengan Shio Kerbau unsur lainnya.
·         Termasuk orang yang praktis, giat, dan bersedia melakukan apa pun saja untuk mencapai kesuksesan. Dan tidak segan-segan dalam bekerja demi mencari ketentraman dan kemapanan dalam hidup.
·         Lebih menyukai usaha praktis dan bermutu, karena tahu batas kemampuan dan sadar akan kekurangannya.
·         Sanggup memperlihatkan kasih sayangnya yang tulus, setia, dan terus terikat pada seseorang yang dicintainnya.
·         Selalu memegang prinsip hidup, tabah, dan sanggup menanggung penderitaan tanpa rasa mengeluh.
·         Reaksinya memang relatif lebih lamban dibandingkan Shio Kerbau unsur lainnya, tetapi justru ia yang paling mantap di antara Shio Kerbau unsur lainnya.

C.      Shio Macan
Dimulai
Berakhir
Jenis Unsur
08 Februari 1902
28 Januari 1903
Air
26 Januari 1914
13 Februari 1915
Kayu
13 Februari 1926
01 Februari 1927
Api
31 Januari 1938
18 Februari 1939
Tanah
17 Februari 1950
05 Februari 1951
Logam
05 Februari 1962
24 Januari 1963
Air
23 Januari 1974
10 Februari 1975
Kayu
09 Februari 1986
28 Januari 1987
Api
28 Januari 1998
15 Februari 1999
Tanah
14 Februari 2010
02 Februari 2011
Logam
2022
2023
Air
2034
2035
Kayu

Macan itu perkasa dan berkuasa. Ia senang memikat dan menjadi pusat perhatian. Meskipun sangat temperamental, ia punya sifat yang tulus, penuh kasih sayang, dan murah hati. Ia tidak bisa berdiam diri, tetapi mudah curiga dan sulit mempercayai orang lain. Ia juga memiliki selera humor yang tinggi dan sangat mencintai anak kecil, binatang, musik jazz, atau apa saja yang bisa memancing imajinasinya. Saat terlibat dalam sesuatu hal, ia akan terjun secara total. Dan sepenuhnya ia dapat dipercaya.
Dalam keadaan normal, ia terlihat ceria, terbuka, optimis, hangat, humoris, dan bahkan romantis. Ia bisa sangat mesra, tapi bisa juga menjadi seorang pemarah yang sangat sentimentil. Dalam berhubungan, ia cenderung posesif. Ia mempunyai ego yang besar. Seringkali, ia bertindak berdasarkan dorongan hati. Baginya, logika sama sekali tidak berarti apa-apa.
Dunia Macan, tidak lepas dari gelimang uang, kekuasaan, dan ketenaran. Biasanya ia akan mengejar sukses dan mewujudkan mimpinya secara habis-habisan. Saat usianya memasuki senja, ia tetap tidak rela untuk berdiam diri. Semangatnya seakan tak pernah habis untuk melakukan hal-hal yang menantang. Kelemahan Shio Macan adalah sikap terburu-buru dalam mengambil keputusan.
1.       Shio Macan Logam
·         Pribadi yang aktif, penuh gairah, optimis, sigap, berpandangan luas, dan suka kebebasan.
·         Tidak memiliki jiwa artistik, tetapi pribadinya sangat mengesankan.
·         Selalu memusatkan perhatian pada diri sendiri dan suka berlagak, suka berkompetisi, dan tak kenal lelah.
·         Radikal dan tidak pernah ragu mencapai tujuan yang telah ditetapkannya.
·         Cenderung dramatis dan mudah dipengaruhi menjadi orang baik atau bahkan menjadi penjahat.

2.       Shio Macan Air
·         Berjiwa terbuka, kaya ide, dan selalu mencari-cari pengalaman baru.
·         Pribadi yang onjektif, tenang, humanis, dan mampu menyelami perasaan orang lain.
·         Intuitif dan mampu berkomunikasi.
·         Kemampuan berpikirnya jauh lebih unggul dibandingkan Shio Macan unsur lainnya. 
3.       Shio Macan Kayu
·         Memiliki sifat sangat toleran, tenggang rasa, dan mampu menilai beberapa kondisi tanpa memihak pihak mana pun.
·         Pandangannya demokrat dan memahami pentingnya arti sebuah kerja sama.
·         Mampu bergaul dengan segala lapisan, pandai menarik simpati teman atau pendukung, dan mampu mendamaikan pihak yang berselisih. Namun, ia egosentris.
·         Paling jarang ‘meraung’ dibandingkan Shio Macan unsur lainnya, tetapi ia sering lengah pada bahaya yang mengintai.
·         Gesit dalam membagi tugas, terampil memberi perintah, dan bisa menyatukan banyak suara untuk satu tujuan.
·         Tidak terlalu ngoyo dan tidak mau mengakui keterbatasan dirinya.
·         Tidak sanggup menghadapi kritik orang lain dan tidak peduli dengan seberapa konstruktif kritik tersebut.

4.       Shio Macan Api
·         Ia pribadi optimis sejati, penuh semangat dan tidak pernah kehabisan tenaga.
·         Selalu siap beraksi, bepergian, atau tidak betah berlama-lama menekuni satu pekerjaan.
·         Waktu baginya adalah sekarang.
·         Ia sosok yang mandiri, tetapi sulit ditebak dan tidak segan melanggar tradisi.
·         Begitu ia bertindak, hampir selalu dramatis, berpengaruh, dan lebih ekspresif.
·         Terkadang, ia suka bersandiwara atau memamerkan bakat kepemimpinannya yang lebih kuat dibandingkan Shio Macan unsur lainnya.
5.       Shio Macan Tanah
·         Pembawaannya lebih tenang, dewasa , bijak, dan bertanggung jawab.
·         Pandai mencari peluang, pekerja giat, dan tidak tergesa-gesa dalam hal mengambil keputusan.  
·         Mau memerhatikan kepentingan dan nasib orang lain.
·         Pikirannya jernih, objektif, mampu melihat masalah dalam proporsi yang sebenarnya, dan tidak membiarkan emosi menghalangi pandangannya.
·         Paling terampil menjalin hubungan berdasarkan daya tarik pribadi atau seksual.
·         Penuh perhitungan, tidak sekadar nekad atau berani mati.
·         Terkadang jiwanya terlalu sombong, tidak sensitif, dan bahkan tidak berperasaan, terutama pada saat memikirkan kepentingannya sendiri.
·         Selalu memacu diri hingga meraih keberhasilan. Tapi setelah sukses, biasanya ia bertingkah radikal, menciptakan skandal, atau membuat sensasi agar menjadi perhatian publik.
·         Tidak urakan, tidak suka bertualang, dan lebih mantap dari Shio Macan unsur lainnya.

D.      Shio Kelinci
Dimulai
Berakhir
Jenis Unsur
29 Januari 1903
15 Februari 1904
Air
14 Februari 1915
02 Februari 1916
Kayu
02 Februari 1927
22 Januari 1928
Api
19 Februari 1939
07 Februari 1940
Tanah
06 Februari 1951
26 Januari 1952
Besi
25 Januari 1963
12 Februari 1964
Air
11 Februari 1975
30 Januari 1976
Kayu
29 Januari 1987
16 Februari 1988
Api
16 Februari 1999
04 Februari 2000
Tanah
03 Februari 2011
22 Januari 2012
Besi
2023
2024
Air
2035
2036
Kayu
Pembawaannya tenang, berbudi luhur, hangat terhadap orang, sopan, peka, dan waspada, itulah Kelinci. Ia juga memiliki nilai seni, berbudi bahasa, sikapnya luwes, cekatan, dan jago diplomasi. Ia terampil dalam menyelamatkan muka dan harga diri, baik harga dirinya maupun temannya. Dan ia tidak suka membuat orang lain malu di muka umum.
Kelinci menyukai kehidupan yang tentram, damai, tenang, dan menyenangkan. Tapi, kadang ia tampak murung. Pada saat tertentu, ia seakan tersisih dari lingkungannya dan menjadi acuh tak acuh. Pribadinya memang perpaduan banyak sifat dan sulit ditebak. Ia menganggap semua orang di dunia dilahirkan sebagai orang baik, sehingga ia akan menghadapi segala sesuatu dengan niat baik dan tulus. Ia tidak pernah curiga kepada siapa pun.
Baik dalam pembicaraan maupun perbuatan, sikapnya selalu netral. Karena itu, ia bisa berteman dan berhubungan baik dengan siapa pun. Tentang pemikirannya, sangat tajam dan matang. Ia mampu menyelesaikan pekerjaan tepat pada waktunya. Sikapnya juga selalu berhati-hati, penuh perhitungan, dan atas dorongan hati. Ia pandai menyembunyikan tujuan untuk menyiasati lawan dengan kamuflase dan teka teki.
1.       Shio Kelinci Logam
·         Lebih kuat secara fisik dan mental dibandingkan Shio Kelinci unsur lainnya.
·         Tak suka berkompromi, asyik pada dunianya, komitmen pada cita-citanya, percaya diri, dan mampu memecahkan semua permasalahan pribadinya.
·         Memiliki inisiatif dan tanggung jawab yang tinggi.
·         Bisa menjadi licik, tetapi mampu menyembunyikan segala ambisinya dengan baik di balik logika dan keenceran otaknya.
·         Tahu caranya menikmati hidup dan menyukai karya seni, baik musik maupun benda-benda bernilai seni.
·         Pekerja keras dan sangat teliti sehingga karier apa pun yang dipilihnya akan bisa dijalankan dengan mulus.
·         Jiwanya yang romantis menyebabkannya bekerja atau berkarya tergantung mood. Dan akan menghasilkan karya terbaik pada saat muncul inspirasi dari dalam dirinya. 
2.       Shio Kelinci Air
·         Tergolong individu yang anti-kekerasan, dan cenderung menghindari rasa dengki, perbedaan pendapat, atau pertikaian.
·         Sensitif, emosional, mudah tersinggung dan sering mengingat rasa kecewa atau terluka meskipun telah terjadi sekian lama.
·         Ia memiliki daya ingat dan kekuatan batin yang luar biasa menakjubkan. Hingga pandai membaca pikiran dan perasaan orang lain.
·         Kalau suasana hatinya buruk, ia sering mencurigai motivasi atau gerak-gerik orang lain.
·         Kalau suasana hatinya sedang baik, ia berkenan membuka diri dan meminta bantuan kepada semua pihak. 
3.       Shio Kelinci Kayu
·         Sosok yang dermawan dan penuh pengertian, tetapi memiliki ambisi yang besar untuk sukses.
·         Suka menjadi bagian dari suatu kelompok, karena kebersamaan memberinya rasa aman. Tetapi ia ingin berdiri di pihak netral dan sangat menolak untuk mencampuri urusan orang lain.
·         Mampu memilah-milah persoalan, kemudian mengambil langkah penting untuk mengisolasi diri.
·         Gampang menyesuaikan diri dalam bidang apa pun.

4.       Shio Kelinci Api
·         Karakternya lebih kuat dibandingkan Shio Kelinci unsur lainnya.
·         Memiliki intuisi tajam, jiwa kokoh, dan cepat menyadari perubahan.
·         Sosok yang demonstratif, periang, dan penuh kasih.
·         Sangat sensitif, cepat naik darah, dan sering merasa kecewa. Tapi ia mampu menyelubungi emosi yang sedang meledak-ledak dengan pesonanya yang jago berdiplomasi.
·         Sikapnya moderat, ramah, tak mau berkonfrontasi langsung dengan lawan, dan lebih suka menggunakan mediator.
·         Mampu memimpin suatu kelompok secara bijak dan mampu mengemukakan pikirannya dengan baik.
·         Untuk menggapai sukses, ia butuh pengakuan, dukungan tulus, dan sumber inspirasi. 
5.       Shio Kelinci Tanah
·         Selalu serius, mantap, memiliki pola pikir yang pasti, dan bertindak penuh perhitungan.
·         Pribadinya seimbang, rasional, dan suka berpikir sebelum mengambil keputusan.
·         Cita-citanya realilstis, agak kurang sabaran, dan cenderung materialistis.
·         Pembawaannya introvert dan mawas diri apabila dihadapkan pada sebuah masalah.
·         Mampu memanfaatkan segala sumber daya yang ada secara bijak.

E.       Shio Naga
Dimulai
Berakhir
Jenis Unsur
16 Februari 1904
03 Februari 1905
Kayu
03 Februari 1916
22 Januari 1917
Api
23 Januari 1928
09 Februari 1929
Tanah
08 Februari 1940
26 Januari 1941
Besi
27 Januari 1952
13 Februari 1953
Air
13 Februari 1964
01 Februari 1965
Kayu
31 Januari 1976
17 Februari 1977
Api
17 Februari 1988
05 Februari 1989
Tanah
05 Februari 2000
23 Januari 2001
Besi
23 Januari 2012
09 Februari 2013
Air
2024
2025
Kayu
2036
2037
Api

Naga adalah salah satu yang terkuat. Ia suka memberi, cerdas, dan keras kepala. Karismanya yang kuat mampu menarik orang lain. Ia mampu meyakinkan atau mempengaruhi orang lain. Dan teman-temannya, biasanya senang mendengarkan apa yang diceritakannya.
Dalam hidupnya, Naga berharap menjadi seorang pemimpin. Keinginannya untuk berkuasa sangat kuat. Selama mencari jalan untuk mendapatkan kekuasaan, ia biasanya dikenal cukup oportunis. Dalam hal ini, ia adalah pejuang yang baik, tahu apa yang dibutuhkan untuk meraih tingkat tertinggi. Kelemahannya adalah tidak dapat menerima kondisi kekalahan.
1.       Shio Naga Logam
·         Tergolong pribadi yang cerdas dan berkemauan paling keras dibandingkan Shio Naga unsur lainnya. Tapi kurang mahir berdiplomasi.
·         Sangat mengagungkan kejujuran, ketulusan hati, terbuka, ekspresif, kritis, penuh aksi, dan siap tempur.
·         Kalau suasana hatinya sedang buruk, ia cenderung egois.
·         Tidak percaya bahwa ada hal-hal tertentu yang tak bisa dikerjakannya dan ia akan mencoba memberantas semua bentuk kejahatan.
·         Akan berjalan sendiri kalau orang lain tak setuju dengannya dan tak pernah ragu menerobos bahaya. 
2.       Shio Naga Air
·         Dibandingkan Shio Naga unsur lainnya, ia adalah sosok pribadi yang paling rendah hati dan tidak angkuh.
·         Mampu mengenyampingkan egonya, tidak suka melawan, amat jinak, tetapi progresif.
·         Suka menunggu sambil mengamati dan tidak bisa tampil menyolok seperti Shio Naga unsur lainnya.
·         Akalnya sama hebat dengan kemauannya, gesit, dapat diandalkan, dan pandai mempromosikan ide-idenya.
·         Kokoh pada dasar falsafahnya sendiri, tetapi demokratis dan berlapang dada, serta tidak memiliki sifat pendendam kepada siapa pun.
·         Berlaku bijaksana dan hanya melakukan apa yang dianggapnya penting.
·         Dapat menjadi ahli runding yang sukses karena mampu bersikap tepat dan mengucapkan kata-kata yang tepat sesuai dengan situasi dan kondisi.
3.       Shio Naga Kayu
·         Murah hati, cerdik, kreatif, suka menyelidiki, serta mampu mengembangkan konsep gemilang dan revolusioner.
·         Jago memformulasikan idenya dan bisa bekerjasama. Namun, kadang ia cenderung mendebat kalau pendapatnya ditentang.
·         Pandai berdiplomasi dan mencari jalan tengah yang netral. Selalu berusaha mencari cara simpatik agar tidak melukai perasaan orang. Dan kadang rela merendah kalau dirasa menguntungkan baginya.
·         Egonya selangit, tapi mampu menyembunyikan nafsunya untuk mendominasi publik.
·         Kadang blak-blakan, sombong, tidak gentar ditantang, tapi tidak pendendam. 
4.       Shio Naga Api
·         Ia paling berbudi, lembut, ramah, dan senang bersaing dibandingkan Shio Naga unsur lainnya.
·         Agresif, banyak menuntut, energinya meluap dan berapi-api, serta cepat naik darah.
·         Mampu berbuat banyak hal dalam skala besar dan suka merasa lebih unggul dan ingin diperlakukan sebagai seorang pemimpin.
·         Cenderung memaksakan kehendak, tetapi terbuka dan blak-blakan.
·         Tak pandai bertenggang rasa dan tak suka melihat hal yang kurang sempurna. 
5.       Shio Naga Tanah
·         Sosok pribadi yang menawan, suka bergaul, serta memiliki dorongan kuat untuk mengontrol keluarga dan masyarakat sekelilingnya.
·         Realistis, mantap dan objektif, meski cenderung menaklukan sesamanya.
·         Tegar, tenang, tabah, dan kontrol dirinya kuat.
·         Adil dan menghargai pendapat orang, meskipun dia sendiri tidak sependapat.
·         Tak mau merendahkan martabatnya dengan mendebat orang yang kedudukannya lebih rendah. Tapi, bila harga dirinya terusik, ia akan langsung membalas.

F.       Ular

Dimulai
Berakhir
Jenis Unsur
04 Februari 1905
24 Januari 1906
Kayu
23 Januari 1917
10 Februari 1918
Api
10 Februari 1929
29 Januari 1930
Tanah
27 Januari 1941
14 Februari 1942
Besi
14 Februari 1953
02 Februari 1954
Air
2 Februari 1965
20 Januari 1966
Kayu
18 Februari 1977
06 Februari 1978
Api
06 Februari 1989
26 Januari 1990
Tanah
24 Januari 2001
11 Februari 2002
Besi
10 Februari 2013
30 Januari 2014
Air
2025
2026
Kayu
2037
2038
Api

Popular dan diplomatis, Ular punya kekuatan untuk menggoda dan memperdaya musuh. Ia juga pekerja keras dan sangat pintar. Dalam menggunakan uang ia cenderung berhati-hati. Ia memiliki kombinasi menarik antara rasa sosial dan introvert, intuisi dan kemampuan berbisnis. Sebelum melaksanakan sesuatu, Ia sering menunda untuk menganalisa terlebih dahulu. Dan ia lebih aktif secara mental dibandingkan fisik.
Ular sering merasa tidak aman dalam dirinya sendiri. Hubungannya dengan kekasih mudah goyah, karena ia cenderung posesif dan pencemburu. Ia juga dikenal murah hati. Ular akan bergantung dengan dirinya sendiri sebelum mencari saran orang lain. Dalam usaha, Ia selalu berhati-hati dan berpikir jauh ke depan.
1.       Shio Ular Logam
·         Sosok yang cerdas, penuh perhitungan, suka menyendiri, terlalu percaya diri, suka menyimpan rahasia, responnya cepat tanpa banyak suara, dan mampu menempatkan diri pada posisi yang kokoh.
·         Mendambakan kemewahan dan berkemauan keras dalam mengejar dambaannya itu dengan segala cara.
·         Punya sifat iri dan biasanya, sejak usia muda sudah mampu menemukan jalan hidupnya dan memegang teguh prinsip itu.
·         Suka curiga, hingga kadang stres memikirkan rasa kecurigaannya itu. meskipun begitu, ia bisa bermurah hati dan bekerja sama dengan orang lain.
2.       Shio Ular Air
·         Sosok yang tak terkalahkan, punya kharisma yang kuat, selalu ingin tahu, licin, berjiwa bisnis, dan amat materialistis.
·         Artistik, gemar membaca, intelek, praktis, dan pandai mengatur masalah keuangan.
·         Tak pernah berpaling dari cita-citanya dan dapat menyisihkan hal yang kurang penting demi perencanaannya yang efektif. 
·         Meskipun agak pendendam, tapi ia penyabar, memiliki keteguhan batin, penuh konsentrasi, dan terampil menangani orang banyak.
3.       Shio Ular Kayu
·         Sosok yang serius, arif, penuh kasih, pengertian pada sesama, dan peduli pada lingkungannya.
·         Berhati tegas dan tahan uji, berpengetahuan luas, bijaksana, penilaiannya tepat, dan mampu menjelma menjadi pemain saham yang hebat.
·         Butuh kebebasan intelektual, serta mendambakan kestabilan emosional dan keuangan.
·         Agak sombong dan butuh pengakuan, sehingga sangat berupaya untuk meraih kesuksesan.
·         Ia juga luwes, menghargai keindahan, dan menggemari seni musik atau teater.
4.       Shio Ular Api
·         Sosok yang bersemangat, percaya diri, berjiwa pemimpin, suka menggurui, aktif, dan mampu melaksanakan segalanya secara enerjik.
·         Dibandingkan Shio Ular dari unsur lainnya, ia paling ambisius, keras hati, dan pencemburu.
·         Mudah curiga, terlalu cepat mencela atau menyalahkan orang, dan suka menutup diri.
·         Cita-citanya tinggi, berkemauan keras dan bisa dikatakan tergila-gila akan ketenaran, uang dan kekuasaan.
·         Mampu menunjukkan rasa cinta atau benci secara berlebihan.
5.       Shio Ular Tanah
·         Pribadi yang hangat, spontan, pandai berkomunikasi dan bekerja sama dalam kelompok, serta mampu membangun citra diri yang bagus.
·         Memiliki prinsip, sistematis, hemat, gigih, wawasannya luas, dan berambisinya untuk sukses.
·         Mampu mengontrol diri, terutama pada saat-saat genting dan bisa diandalkan.  
·         Paling anggun dan paling memikat dibandingkan Shio Ular unsur lainnya.

G.     Kuda
Dimulai
Berakhir
Jenis Unsur
25 Januari 1906
12 Februari 1907
Api
11 Februari 1918
31 Januari 1919
Tanah
30 Januari 1930
16 Februari 1931
Besi
15 Februari 1942
04 Februari 1943
Air
03 Februari 1954
16 Februari 1955
Kayu
21 Januari 1966
08 Februari 1967
Api
07 Februari 1978
27 Januari 1979
Tanah
27 Januari 1990
14 Februari 1991
Besi
12 Februari 2002
31 Januari 2003
Air
31 Januari 2014
18 Februari 2015
Kayu
2026
2027
Api
2038
2039
Tanah

Kuda dikenal energik dan sangat nomaden. Ia suka berpindah dari satu tempat ke tempat lain dan selalu menuntut kebebasan. Sifat yang kurang sabar darinya, dapat menjadikannya agak sensitif. Ia cenderung mengambil alih situasi daripada menunggu orang lain yang datang dengan sendirinya. Sifat pengembaranya sendiri, dapat membuatnya dikucilkan, tapi itu juga membuatnya menjadi lebih. Mereka tidak menyukai rutinitas.
Kuda cenderung tidak melihat terlalu banyak kepada gambaran besar. Sebaliknya, ia hanya mengikuti naluri saja, dimana hal ini dapat membahayakan hubungan, pekerjaan, proyek dan kepentingannya yang lain. Ia juga tahu cara memotivasi orang lain. Begitu Ia menemukan kedamaian dalam dirinya, ia dapat menghargai apa yang sudah dimilikinya dan orang-orang di sekelilngnya.
1.       Shio Kuda Logam
·         Pribadi yang populer, tak bisa diam, sulit diatur, demonstratif, sangat berani, dan sering bertindak mengikuti kehendak hati.
·         Punya otak kreatif, intuisi hebat, dan sangat produktif ketika suasana hati sedang baik.
·         Lebih keras kepala dan memusatkan perhatian pada diri sendiri.
·         Kurang bertanggung jawab dan bukan tipe pemimpin yang mantap.
2.       Shio Kuda Air
·         Periang, humoris, necis, memiliki jiwa bisnis, dan agak egois.
·         Pandai menyesuaikan diri dengan segala perubahan.
·         Cenderung merasa sering resah atau risau.
·         Suka berkelana, berolahraga, berleha-leha, dan berubah pikiran tanpa sebab.
3.       Shio Kuda Kayu
·         Bersahabat, penyabar, riang, mampu bekerja sama, berpikiran jernih, progresif, modern, dan sistematis.
·         Cenderung “hiperaktif” dalam segala hal, terutama kegiatan sosial.
·         Tidak terlalu egois dan sedikit low profile, serta tak akan mau berkompetisi hanya karena ingin terkenal.
·         Tak terlalu sentimentil dan tak gentar untuk mencoba hal-hal yang dianggap melanggar nilai tradisi.
4.       Shio Kuda Api
·         Mudah terangsang, suka bepergian, dan bertemperamen panas.
·         Memiliki kecerdasan yang tinggi dan daya tarik yang kuat, sehingga mampu tampil sebagai pembicara yang cemerlang serta pandai berdebat..
·         Gampang beralih perhatian dan sama sekali tidak bisa menekuni tugas rutin.
·         Mampu mengemban berbagai tugas sekaligus, tetapi sangat sulit untuk menerima nasihat, bahkan nasihat dari atasannya sekalipun.
5.       Shio Kuda Tanah
·         Periang, tenang, menyenangkan, pandai menyesuaikan diri, dan lebih menghargai waktu, tetapi agak lamban.
·         Memiliki pikiran yang logis, tetapi kesulitan dalam hal mengambil keputusan.
·         Suka mengamati dan mengkaji permasalahan dari segala segi sebelum bertindak. Karena itu pendiriannya sering tak menentu.
·         Pandai menghindar dari kesulitan, tetapi suka menangani sesuatu hal di luar batas kemampuannya.

H.     Shio Kambing

Dimulai
Berakhir
Jenis Unsur
13 Februari 1907
01 Februari 1908
Api
01 Februari 1919
19 Februari 1920
Tanah
17 Februari 1931
05 Februari 1932
Besi
5 Februari 1943
24 Januari 1944
Air
24 Januari 1955
11 Februari 1956
Kayu
09 Februari 1967
29 Januari 1968
Api
28 Januari 1979
15 Februari 1980
Tanah
15 Februari 1991
03 Februari 1992
Besi
01 Februari 2003
21 Januari 2004
Air
19 Februari 2015
07 Februari 2016
Kayu
2027
2028
Api
2039
2040
Tanah

Bermimpi adalah hobi Kambing. Shio yang kreatif dan misterius ini membutuhkan banyak waktu dalam kesendiriannya untuk berpikir. Biasanya ia paling nyaman dalam pemikirannya sendiri. Ia cenderung untuk tidak terlalu teratur dan tidak terlalu materialistik. Ia mau memberikan bantuan kepada orang lain.  Tapi, dalam hal cinta, ia dapat menjadi royal dalam memberikan hadiah.
Kambing juga sensitive dan dapat menjadi sangat ingin tahu terhadap hal-hal yang tidak wajar. Penampilan adalah sangat penting baginya, yang juga dapat menjelaskan mengapa ia dapat menghabiskan waktu dalam merias diri. Ia dapat menjadi terkontrol dengan cara belajar untuk relaks dan membiarkan segala sesuatu berjalan dari waktu ke waktu. Begitu ia yakin bahwa teman dan kekasihnya setia, ia akan meninggalkan hari-hari penuh mimpi. Dan ia sangat cocok bergerak dalam bidang seni.
1.       Shio Kambing Logam
·         Memiliki keyakinan terhadap diri sendiri dan mampu tampil berani.
·         Kekuatan unsur logam dalam dirinya akan memperkuat selera artistiknya sehingga akan selalu mencari semua bentuk keindahan.
·         Labil, mudah tersinggung, dan sulit untuk menyesuaikan diri dengan perubahan.
·         Selalu ingin mencari aman, baik dalam kehidupan rumah tangganya maupun finansialnya. 
·         Cemburu buta dan terlalu melindungi segala hal yang dicintainya.
2.       Shio Kambing Air
·         Sangat menarik sehingga banyak orang yang ingin menjadi temannya.
·         Pengetahuannya yang sempit, sikapnya yang lembek, dan suka menentang membuatnya selalu membutuhkan seorang panutan.
·         Mampu menampung ide-ide orang lain, tetapi akan berpegang erat pada ide-ide yang bisa dipatuhinya.
·         Tersiksa sendiri apabila kehendaknya tidak diikuti orang lain.
3.       Shio Kambing Kayu
·         Bijak, humoris, santai, murah hati, dan benar-benar mengerti keinginan serta kesenangan orang lain.
·         Mempercayai sepenuh hati pada perkataan orang yang bisa dipercayainya dan akan mengabdikan seluruh hidupnya kepada orang tersebut.
·         Terlalu cepat menyerah kalau diusik.
·         Rela berkorban demi menjaga perdamaian.
4.       Shio Kambing Api
·         Cekatan, berani mengikuti intuisi, dan mampu mengambil inisiatif.
·         Pandai mengeksploitasi kekuatan dan mengurangi kelemahan.
·         Suka memanjakan diri sendiri, tetapi juga senang menjamu orang secara berlebihan.
·         Unsur api menjadikannya lebih enerjik dan agresif.
·         Kadang berambisi untuk menggapai sesuatu yang tak mungkin.
5.       Shio Kambing Tanah
·         Optimis dan bisa mengandalkan diri sendiri.
·         Unsur tanah menjadikan pemikirannya cenderung konservatif dan serba berhati-hati.
·         Tanggung jawab dan dapat melaksanakan semua tugasnya, tetapi dengan caranya sendiri.
·         Pintar menyembunyikan emosinya, tetapi jika dikritik akan membela diri mati-matian.

I.        Shio Monyet
Dimulai
Berakhir
Jenis Unsur
02 Februari 1908
21 Januari 1909
Tanah
20 Februari 1920
07 Februari 1921
Besi
06 Februari 1932
25 Januari 1933
Air
25 Januari 1944
12 Februari 1945
Kayu
12 Februari 1956
30 Januari 1957
Api
30 Januari 1968
16 Februari 1969
Tanah
16 Februari 1980
04 Februari 1981
Besi
04 Februari 1992
22 Januari 1993
Air
22 Januari 2004
08 Februari 2005
Kayu
08 Februari 2016
27 Januari 2017
Api
2028
2029
Tanah
2040
2041
Besi

Monyet terkenal menyukai pesta. Sifatnya yang menyenangkan dan energik mampu menciptakan daya tarik bagi orang lain. Ia benar-benar tahu bagaimana mendapatkan waktu senang dan dapat terlihat berpindah dari satu kelompok teman ke kelompok yang lain. Karena semangat dan rasa humornya yang tinggi, ia di anggap sebagai selebritis dalam lingkungannya. Selain itu, ia juga pandai dan memiliki pemikiran yang tajam. Bahkan ia juga pendengar yang baik dan dapat mengatasi situasi yang menyulitkan. Ia punya rasa ingin tahu yang besar. Dan ia selalu merasa butuh untuk mencoba segala sesuatu setidaknya satu kali.
Kepentingan utama monyet, memang mengejar kesenangannya sendiri. Tapi itu bukan berarti kejam karena memang sifat alaminya. Dalam percintaan, ia menciptakan kesenangan. Sikap lembutnya dapat menjauhkannya dari masalah. Ia juga tak takut mengakui kesalahannya. Kelemahannya, ia memiliki keterbatasan untuk mengontrol diri terhadap makanan, alkhol dan aktivitas menyenangkan lainnya. Dan ia harus belajar untuk memikirkan orang lain selain dirinya sendiri.
1.       Shio Monyet Logam
·         Tipe pejuang sejati, kuat, mandiri, lincah, ceria, hangat, percaya diri, dan banyak akal.
·         Pintar mengamankan keuangannya dan lebih suka menabung dibandingkan berspekulasi.
·         Giat, demonstratif, aspirasinya tinggi, terlalu dramatis pada saat-saat tertentu, dan mampu menjual segala sesuatu yang masuk akal.
·         Kesetiaannya tipis, kecuali untuk diri sendiri.
2.       Shio Monyet Air
·         Sosok yang kooperatif, spekulatif, mudah tersinggung, misterius, ramah, gesit, dan tekun mengejar tujuannya.
·         Sanggup mengemukakan ide-idenya secara masuk akal dan sejelas-jelasnya, tapi tak terlalu berterus-terang melukiskan niatnya.
·         Punya pengertian tajam tentang peran hubungan antar manusia.
·         Mudah terombang-ambing dan cenderung mencampuri urusan orang.
3.       Shio Monyet Kayu
·         Gemar membuka hubungan baik dengan orang lain, tetapi tak suka mencampuri urusan orang.
·         Sering gelisah, tetapi mudah berbangga diri apabila berhasil secara finansial.
·         Punya semangat merintis, sangat tertarik mengetahui beberapa teknologi temuan terbaru, dan intuitif.
·         Selalu berjuang mati-matian mempertinggi kedudukan atau kekayaan dan.
·         Tertib dalam bekerja dan jarang berspekulasi.
4.       Shio Monyet Api
·         Enerjik dan pandai memanfaatkan peluang, dan terkuat di antara semua unsur Shio Monyet.
·         Percaya diri, tekun, kreatif, pandai mengungkapkan perasaan, dan berjiwa pemimpin.
·         Kaya imajinasi dan sering menemukan hal baru, tetapi sembrono ketika memanfaatkannya.
·         Sulit dikontrol dan sering berprasangka buruk terhadap orang lain.
5.       Shio Monyet Tanah
·         Cermat, setia, dan menghargai kejujuran terlebih pada diri sendiri.
·         Tenang, kalem, dan pandai mengontrol diri. Meskipun kadang emosinya meledak-ledak bila kreasinya tak disanjung
·         Biasanya ngotot memperoleh prestasi secara akademis dan senang memperkaya wawasan pengetahuannya.
·         Tidak terlalu egois dan mau mengabdikan diri untuk kepentingan bersama.

J.        Shio Ayam
Dimulai
Berakhir
Jenis Unsur
22 Januari 1909
09 Februari 1910
Tanah
08 Februari 1921
27 Januari 1922
Besi
26 Januari 1933
13 Februari 1934
Air
13 Februari 1945
01 Februari 1946
Kayu
31 Januari 1957
17 Februari 1958
Api
17 Februari 1969
05 Februari 1970
Tanah
05 Februari 1981
24 Januari 1982
Besi
23 Januari 1993
09 Februari 1994
Air
09 Februari 2005
28 Januari 2006
Kayu
28 Januari 2017
18 Februari 2018
Api
2029
2030
Tanah
2041
2042
Besi

Ayam adalah pekerja keras dan tegas. Pemikirannya cepat dan sangat  sangat kaya akan pengetahuan. Ia cenderung memilih fokus terhadap apa yang sudah dicoba daripada mengambil resiko yang tidak diperlukan. Ia juga pemerhati yang baik. Kesukaannya adalah memperhatikan hal-hal detail yang membuatnya mendapatkan analisa yang kuat. Di luar semua itu, ia sangat terbuka dan menghargai kejujuran orang lain.
Ayam juga cenderung sangat perfeksionis dan mengharapkan memegang kontrol, terutama terhadap penampilannya. Jika berdebat dengannya bisa berlangsung sangat lama. Diperhatikan dan dikagumi adalah impian baginya, dan ia bisa menunggu dalam waktu yang lama untuk mendapatkan pengakuan ini. Ia juga suka berpergian ke luar kota, terlebih jika berada dalam kelompok yang menyukainya. Bersama orang yang tepat, ia akan sangat setia, mempercayai dan mendukung.
1.       Shio Ayam Logam
·         Praktis, giat, berkharisma, menawan, otaknya cemerlang, suka menyelidik, optimis, dan idealis.
·         Unsur logam menurunkan sikap menentang, kepala batu serta ambisius.
·         Terlalu fanatik pada keyakinan sendiri dan tak siap menerima paham orang lain.
·         Realistis dan tidak rewel, tetapi sulit bersikap netral saat egonya ditantang.
·         Cenderung memaksakan ketertiban dan menuntut kondisi lingkungan higienis, bahkan bersih steril.
·         Gigih mengejar kekayaan materi, tetapi sering memerhatikan di bidang sosial.
2.       Shio Ayam Air
·         Intelek, suka budaya, mahir surat-menyurat, tertarik pada efisiensi komputer, inisiatif, energinya luar biasa dalam mengejar cita-cita, pragmatis, dan mampu berpikir jernih atau menganalisa semua keganjilan yang muncul.
·         Tidak setegar Shio Ayam unsur lainnya dan tidak suka mengorbankan diri untuk kepentingan orang lain.
·         Dapat menggoyahkan pendirian orang banyak, bahkan memprovokasi orang lain.  
·         Terpesona pada sistem dan prosedur-prosedur sehingga sering terjebak menjadi birokrat yang cerewet.
3.       Shio Ayam Kayu
·         Jujur, tulus hati, berpikiran terbuka, adil, berjiwa sosial, dan sanggup mengabaikan kepentingan sendiri demi kesejahteraan bersama.
·         Bersemangat meluap-luap, tetapi pandai bertenggang rasa.
·         Bukan penurut, tetapi tidak keras kepala.
·         Tertarik menangani masalah rumit, tetapi sering terperangkap ke dalam kesimpang-siuran jalan pikirannya sendiri.
4.       Shio Ayam Api
·         Sangat enerjik, dinamis, bermotivasi tinggi, kuat memegang prinsip, dan punya bakat berorganisasi.
·         Dibandingkan Shio Ayam unsur lainnya, ia memiliki niat paling luhur dan berwibawa
·         Mampu bekerja sendiri dengan ketepatan jitu dan bisa menjadi pelaksana yang baik sekaligus pemimpin yang disegani.
·         Cuma percaya pada pengetahuan sendiri, tapi profesional dan sopan dalam setiap transaksi yang dibuatnya.
·         Cepat naik darah, cepat grogi, dan terlalu dramatis.
5.       Shio Ayam Tanah
·         Rajin, sederhana, fanatic, penuh selidik, dan gemar mencari kebenaran sejati.
·         Unsur Tanah menjadikannya akurat, efisien, dan berhati-hati dalam menajalankan tugas.
·         Tak gentar memikul tanggung jawab berat dan selalu bicara blak-blakan.
·         Gemar berkhotbah dan memberikan teladan yang sederhana secara cermat.
·         Sistematis, selalu menyimpan data-data, dan mencatat segala sesuatu yang dikerjakannya.

K.      Shio Anjing - Karakteristik, Pekerjaan, Calon Pasangan
Dimulai
Berakhir
Jenis Unsur
10 Februari 1910
29 Januari 1911
Besi
28 Januari 1922
15 Februari 1923
Air
14 Februari 1934
03 Februari 1935
Kayu
02 Februari 1946
21 Januari 1947
Api
18 Februari 1958
07 Februari 1959
Tanah
06 Februari 1970
26 Januari 1971
Besi
25 Januari 1982
12 Februari 1983
Air
10 Februari 1994
30 Januari 1995
Kayu
29 Januari 2006
17 Februari 2007
Api
19 Februari 2018
04 Februari 2019
Tanah
2030
2031
Besi
2042
2043
Air

Setia, dapat dipercaya, jujur, dan selalu patuh terhadap aturan adalah sifat Kambing. Dengan sederet sifatnya itu, maka ia cocok dijadikan teman yang baik. Biasanya ia mengatakan apa adanya agar menghindari masalah di kemudian hari. Tapi kadang ia agak sulit dalam mempercayai orang lain dan lebih mempercayai diri sendiri.  Prinsip hidupnya biasanya adalah hidup dengan benar, cari orang kecil yang membutuhkan bantuan, dan berjuang terhadap ketidakadilan.
Anjing dapat menjadi sedikit dogmatis juga. Ia jarang bergaul dalam kehidupan sosial, tapi hanya mendatangi orang dan bergaul terhadap topik yang dianggap penting untuknya. Ia juga dapat menjadi sangat temperamen dan seringkali mereka menyendiri untuk menyelesaikan masalah. Mengenai masalah cinta, ia biasanya membutuhkan waktu yang lama untuk mencari orang yang tepat. Dalam segala forum, ia paling senang untuk aktif secara fisik. Dan ia sering membuat hal baru atau membersihkan segala sesuatu untuk membuat hal menjadi lebih baik.
  1. Shio Anjing Logam
·         Kebanyakan berkeyakinan kuat dan kritis, selalu pada satu pilihan yang pasti, dan setia sampai mati.
·         Punya budi luhur dan hati lembut, tetapi kalau marah bisa kejam dan tak akan ragu menghancurkan musuh-musuhnya.
·         Pandangan politiknya keras dan tak segan mengabdi pada apa yang dianggapnya bernilai.
·         Disiplin dan serius, apalagi menyangkut masalah asmara atau tanah airnya.
·         Benci ketidakadilan dan permainan kotor, tetapi sangat mudah memaksa orang lain mengikuti pandangannya.
  1. Shio Anjing Air
·         Penasihat yang baik, hakim yang adil, dan pelaksana yang berpegang pada peraturan.
·         Suka mengandalkan intuisi dan sulit diatur.
·         Simpatik terhadap pandangan orang, demokratis, dan berkepribadian menyenangkan.
·         Santai, cenderung lembek terhadap diri sendiri maupun orang lain, serta menuruti kata hatinya untuk berpetualang, dan foya-foya.
·         Bisa mengekang emosinya, tampil kalem, dan menarik.
  1. Shio Anjing Kayu
·         Stabil, memikat, baik hati, kalem, tulus, jujur, tenggang rasa, menyenangkan, dan selalu berusaha mengembangkan diri.  
·         Mampu mengikat hubungan akrab dengan keluarga dan sahabat yang dicintainya, tetapi selalu waspada terhadap orang tak dikenal.
·         cenderung gemar mencari pertumbuhan, keseimbangan, dan keindahan lingkungannya.
·         Meskipun senang pada uang dan kesuksesan, tetapi enggan pada materi berlebihan.
·         Senang bergabung dengan pihak yang lebih kuat.
  1. Shio Anjing Api
·         Dramatis, menawan, ramah, dan cenderung populer di kalangan lawan jenisnya.
·         Kontrol dirinya hebat, tidak terhanyut dalam kesuksesan, tak mau melakukan hal yang berlawanan dengan keinginannya.
·         Dalam mengekspresikan diri, ia ganas, kreatif, dan blak-blakan.
·         Periang, yakin diri, punya daya tarik, dan dapat meyakinkan orang lain untuk mengikuti arahannya.
·         Cinta kebebasan dan selalu mencari pengalaman dan petualangan baru.
  1. Shio Anjing Tanah
·         Pendiam, baik hati, penuh rahasia, gigih, realistis, praktis, dan kurang sentimentil.
·         Bisa memerintah orang dengan bijak dan mengilhami orang lain.
·         Biasa bergerak perlahan, setia pada keyakinannya, tetapi patuh pada peraturan mayoritas.
·         Standar moral dan idealismenya tinggi, sehingga sering bertindak atau menuntut sesuatu secara berlebihan.
·         Sportif, tak pernah tertekan saat kalah dan tak pernah terlalu bangga saat menang.

L.       Shio Babi

Dimulai
Berakhir
Jenis Unsur
30 Januari 1911
17 Februari 1912
Logam
16 Februari 1923
04 Februari 1924
Air
04 Februari 1935
23 Januari 1936
Kayu
22 Januari 1947
09 Februari 1948
Api
8 Februari 1959
27 Januari 1960
Tanah
27 Januari 1971
14 Februari 1972
Logam
13 Februari 1983
01 Februari 1984
Air
31 Januari 1995
18 Februari 1996
Kayu
18 Februari 2007
06 Februari 2008
Api
05 Februari 2019
24 Januari 2020
Tanah
2031
2032
Logam
2043
2044
Air

Babi merupakan yang paling murah hati. Selain itu ia juga jujur dan memiliki sikap serta cita rasa yang baik. Membantu orang lain adalah kesenangan utama. Ia sangat memperhatikan teman dan keluarga serta bekerja keras untuk menjaga semua itu. Perfeksionis pun ada dalam dirinya. Ia sangat terobsesi dengan kemewahan, dan kekayaan. Dan ia akan sangat sedih jika tidak ada orang sekitar yang menghargainya.
Babi Juga merupakan individu yang sangat pandai, senang belajar, bermain, dan terus mencari pengetahuan yang lebih jauh. Ia dapat dianggap sebagai orang malas, karena kecintaan mereka terhadap hal hal yang baik. Dalam berpasangan, ia cenderung menjadi rekan hidup yang baik.  Ia menolak untuk melihat keburukan dari suatu hubungan. Tapi ia bisa juga menjadi sangat kejam jika di kecewakan. Dan ia sebenarnya juga berharap mendapat kebaikan dari orang lain.
  1. Shio Babi Logam
·         Angkuh, gagah, penuh gairah, ambisius, terlalu ingin menguasai, suka memaksakan kehendak, dan kurang objektif.
·         Sering berlebihan, suka meremehkan, dan kurang luwes.
·         Bertanggung jawab dan memiliki stamina yang luar biasa dibandingkan Shio Babi unsur lainnya.
·         Jika punya salah tidak akan menyembunyikannya.
  1. Shio Babi Air
·         Sosok yang gigih, pandai berdiplomasi, banyak akal, dan mampu membaca keinginan yang tersembunyi
·         Ramah, tenang,  dan sabar.
·         Tekun dan taat pada aturan yang ditentukan.
·         Suka pesta dan tak segan mengumbar rasa cinta kasihnya.
  1. Shio Babi Kayu
·         Promotor hebat, pintar merayu, dan pandai memanfaatkan orang lain.
·         Mempertahankan kemajuan diri, tetapi juga mencurahkan kemampuannya untuk membina hubungan baik dengan setiap orang.
·         Berbelas kasihan, baik hati, selalu bersedia merekomendasikan pengampunan bagi manusia yang paling tidak berharga sekalipun.
·         Ke mana pun dia melangkah, akan membangkitkan suasana yang menyenangkan.
  1. Shio Babi Api
·         Pemberani, enerjik, emosional, kuat, perkasa, dan bertekad baja.
·         Optimis, mudah percaya dan dipercaya.
·         Dermawan dan tak segan berbuat baik sekalipun pada orang yang tak dikenalnya.
·         Dalam keadaan negatif, ia dapat menjadi keras kepala, cenderung suka membohongi orang, dan jatuh ke dalam kenistaan.
  1. Shio Babi Tanah
·         Tenang, sabar, wajar, periang, dan punya banyak akal.
·         Produktif dan senang beraktivitas yang berhubungan dengan pengumpulan dana.
·         Berkemauan keras dan mampu menanggung tekanan.
·         Suka merencanakan masa depannya sendiri dan menentukan target yang harus dicapainya.
·         Senantiasa mencari kehidupan yang tenang dalam keluarga yang harmonis.

Sumber tulisan:  6 Jurus Jitu Membongkar Karakter Orang, Citra Media, 2011

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar