Selasa, Juli 03, 2012

Membaca atau Mengetahui Sifat Karakter Pribadi Seseorang dengan Weton (Hari Kelahiran)


Di sini,  saya akan paparkan tentang membaca atau mengetahui sifat karakter pribadi seseorang berdasarkan Weton. Dalam kepercayaan Jawa, karakter dari seseorang dapat dilihat berdasarkan hari kelahirannya atau lebih dikenal dengan “weton”. Weton berasal dari gabungan tujuh hari dalam seminggu (Senin, Selasa, Rabu, Kamis, Jumat, Sabtu, Minggu) dengan lima hari pasaran Jawa (Legi, Pahing, Pon, Wage, Kliwon). Dari gabungan itu maka akan menghasilkan 34 hari weton, yang masing-masing mengalami perputaran dan akan berulang setiap 35 (7 x 5) hari.(@yunisap)
Di zaman modern ini, mungkin banyak orang tidak percaya tentang hal-hal yang berhubungan dengan weton, bahkan melupakannya hingga ada beberapa orang yang tidak tahu wetonnya sendiri. Tetapi meskipun begitu, masih banyak juga yang mempercayai dan memelihara tradisi weton. Yaitu weton dianggap sebagai dasar untuk melihat karakter pribadi seseorang. Dan di bawah ini telah dipaparkan hari-hari weton beserta karakter pribadi orang yang menghuninya.

A.      SENIN
1.       Senin Legi
Orang yang punya weton ini memiliki kepribadian yang cemerlang. Sikapnya terlalu sopan, murah hati, dan tidak punya keinginan untuk menyakiti perasaan orang lain. Ia juga suka berkeliling dan melihat-lihat dunia, baik secara fisik ataupun secara intelektual. Meskipun suka berdebat, tapi ia tidak bersifat antagonis. Tapi terkadang ia suka mencampuri urusan orang lain.
2.       Senin Pahing
Orang yang punya weton ini suka menyampaikan pendapat dengan tegas. Ia tidak akan terpengaruh oleh omongan orang lain, bila tidak menemukan alasan untuk mempercayainya. Meskipun demikian, ia adalah orang yang perasa, jujur, beriba, dan bercita-cita tinggi. Ia juga seorang pekerja giat yang tidak suka menghambur-hamburkan hasil jerih payah. Dan ia punya perasaan yang sensitif sehingga sering memasukkan setiap perkataan atau tindakan orang lain ke dalam hati.
3.       Senin Pon
Orang yang punya weton ini, adalah seorang yang penuh kontradiksi. Ia mungkin terlihat sebagai orang yang tangguh, yang suka tampil kuat, bahkan dengan bangga memamerkan kekayaan atau kepandaiannya. Tapi, ia sebenarnya adalah seorang yang sangat perasa. Dan ia akan selalu membuat orang lain terkejut, ketika mendapatinya memiliki sikap yang begitu ramah, sopan, dan bertanggung jawab.
4.       Senin Wage
Orang yang punya weton ini, jarang terjebak dalam keadaan yang memalukan. Itu karena ia suka merencanakan dan menimbang pilihannya dengan hati-hati, jauh sebelum mengambil tindakan. Ia juga termasuk orang yang cukup jujur dan tidak keberatan mendengarkan permasalahan orang lain. Berkat pendekatannya yang tenang, ia mampu tampil meyakinkan di depan masyarakat, sehingga berbakat menjadi diplomat yang baik. Tapi, sekali marah, ia tidak akan mau menerima alasan apapun. Dan ia terkadang begitu ndableg, keras kepala, sehingga lebih baik dibiarkan seorang diri untuk menjadi tenang kembali.
5.       Senin Kliwon
Orang yang punya weton ini mempunyai prinsip kuat untuk “kehormatan keluarga”. Pengabdiannya terhadap orang tua, anak, kakak-adik, hingga kerabat jauh, patut diacungi jempol, karena bersedia mengorbankan semuanya untuk membela keluarganya itu. Ia juga memiliki perasaan yang kuat terhadap daerah asal, bahkan negara tempat kelahiran. Sayangnya, segala hal cenderung terlalu dimasukkan hati, sehingga ia mudah tersinggung. Meskipun begitu, pada dasarnya ia mudah memaafkan dan tidak suka mendendam. Kepandaiannya dalam hal kata-kata, memungkinkan dirinya menjadi seorang pembicara atau penulis yang baik. Dan karena keramahan, kesopanan, serta kelembutannya yang terpuji, membuat orang lain menghargainya.

B.      SELASA
1.       Selasa Legi
Orang yang punya weton ini memiliki kepribadian yang kuat, sehingga tidak suka dihalangi dan tidak mau mengalah, meskipun dalam hal sepele. Sesungguhnya, popularitasnya tidak akan berkurang bila ia mau belajar sedikit berkompromi. Dorongan untuk berkuasa, malah akan membuatnya membuang banyak tenaga dalam adu kekuatan dengan teman, pasangan, atau majikan. Dan sebenarnya, ia adalah tipe yang jujur, suka bekerja keras, memiliki cita-cita tinggi, dan minat yang tak terpuaskan terhadap ilmu pengetahuan.
2.       Selasa Pahing
Orang yang punya weton ini mempunyai sifat terampil, santai, dapat menerima orang lain, suka menolong, dan mau berkorban banyak bagi orang yang mereka sayangi. Tetapi, jika ada yang membuatnya marah, ia mempunyai reputasi terburuk dalam hal membalas dendam secara membabibuta. Meskipun ia cenderung beruntung, tapi tetap harus belajar untuk mengendalikan suatu kehausan pribadi, yang membuat mereka agak serakah. Dengan begitu, ia dapat hidup tenang dan berbahagia, dikelilingi banyak teman yang baik dan menarik.
3.       Selasa Pon
Orang yang punya weton ini sangat suka akan kemewahan. Tingkat pemborosannya memang tergantung pada kemampuan finansial yang ada, tetapi keinginan yang kuat akan kehidupan yang serba mewah akan selalu ada. Meskipun cenderung untuk melindungi perasaannya sendiri, ia dapat menjadi sangat setia dan murah hati kepada orang-orang yang sesuai dengan standar pribadinya. Dan saat ada seseorang yang dekat dengannya, berarti seseorang itu telah menjadi miliknya secara utuh. Juga karena sering terbawa kekhawatiran akan ancaman, maka tidak mengherankan jika rasa cemburu selalu menyertainya dalam setiap hubungan. Kemudian meskipun ia terkenal bersifat tertutup dan berpendirian kaku, namun dapat bersikap cukup ramah dalam kehidupan sosial.
4.       Selasa Wage
Orang yang punya weton ini tidak suka membesar-besarkan diri. Bahkan, ia lebih sering mengalah kepada orang yang lebih cerewet daripada mempersoalkan hal-hal yang remeh. Meskipun demikian, ia punya semangat baja. Memang, beberapa orang mungkin mengatakannya sedikit kaku, bahkan ada yang menganggap teramat ndableg. Meski demikian, terkadang lawan-lawannya akan mengagumi nafsunya yang besar akan ilmu pengetahuan dan tekad kuat yang memungkinkan ia menelaah secara mendalam hal-hal yang menarik perhatiannya. Kemudian jika ia merasa terancam, egonya yang sensitif akan sangat mudah terusik sehingga cenderung bersikap cemburu. Dan bila keadaan mulai memburuk ia akan tetap bertahan.
5.       Selasa Kliwon
Orang yang punya weton ini terkenal bersifat ramah dan pendiriannya keras. Ia juga begitu pandai mengungkapkan kata-kata yang tepat dalam berbagai situasi sehingga orang lain cukup mudah menyukainya. Pada saat-saat tertentu, ia bisa bersikap sangat kritis terhadap orang lain. Dan mungkin itu adalah caranya untuk membantu orang lain menjadi lebih sempurna.

C.      RABU
1.       Rabu Legi
Orang yang punya weton  ini menghormati tata krama dan berpegang teguh pada falsafah hidupnya. Kejujuran adalah salah satu prioritas, sehingga ia membenci ketidakadilan. Ia juga sangat setia terhadap teman tercinta yang begitu banyak. Dan karena kata-katanya yang bijaksana, banyak orang mengaguminya.
2.       Rabu Pahing
Orang yang punya weton ini, suka mempertimbangkan segala sesuatu sebelum melakukan suatu tindakan. Akan direnungkannya segala kemungkinan hingga yakin terhadap hasil yang akan dicapai. Ia juga tidak suka berbagi dengan yang lain. Kewaspadaan mereka mungkin terlihat berlebihan saat rasa curiga mereka timbul. Pemilik weton ini sangat perlu belajar untuk bersikap lebih santai dan menurunkan pertahanan mereka. Dan untungnya mereka memiliki prinsip untuk tidak mencampuri urusan orang lain.
3.       Rabu Pon
Orang yang punya weton ini, selalu merencanakan tindakannya dengan hati-hati, terbuka terhadap peluang yang baru, dan tidak mudah putus asa. Ia juga memiliki beberapa keterampilan sosial, sehingga sejelek apapun wajahnya, tetap mudah bergaul dengan orang lain. Sisi buruknya, adalah suka pamer. Mungkin itu karena ia haus perhatian sewaktu kecil, sehingga kini merasa harus membuat kagum semua orang, dengan kepandaian atau kekayaan yang dimiliki. Dan dengan menjadi diri sendiri, orang lain pun akan menyukainya.
4.       Rabu Wage
Orang yang punya weton ini, secara umum bersifat baik hati, ramah, serta senantiasa menjunjung tinggi kejujuran dan niat baik. Meskipun terkadang kata-katanya agak keras, tapi tetap mudah bergaul dengan orang lain. Saat dihadapkan pada suatu pilihan, ia akan menimbang dengan cermat, dan dalam hal ini ia memiliki cukup banyak kebijaksanaan. Ia juga sangat menghargai uangnya, sehingga dapat bersikap sangat irit. Meskipun begitu, terkadang ia juga suka menikmati barang-barang dan pelayanan yang mewah.
5.       Rabu Kliwon
Orang yang punya weton ini, adalah seorang pemikir sejati. Dengan sikap lembut disertai gaya duniawi yang memesona, ia mudah menarik orang lain.  Bakat alaminya akan bahasa dan kepekaannya terhadap perasaan orang lain, menyiratkan bahwa ia memiliki potensi untuk menjadi seorang pembicara besar. Banyak di antara orang yang punya weton ini telah menjadi orator atau penulis yang handal. Yang perlu diwaspadai oleh pemilik weton ini, adalah jangan terlalu mudah percaya pada kata-kata manis, karena itu akan membuat dia mudah diperdaya. Dan ia perlu belajar untuk tidak terlalu memasukkan kritikan orang lain ke dalam hati.

D.      KAMIS
1.       Kamis Legi
Orang yang punya weton ini, memiliki cita-cita yang mulia dan nilai-nilai yang tinggi. Tidak terlalu sulit ia memperoleh dukungan, sebab biasanya dikelilingi oleh banyak teman dari pergaulannya yang luas. Meskipun termasuk tipe yang selalu membutuhkan pujian, tapi kadang ia amat bijaksana. Itu  dikarenakan kemampuannya untuk melihat prospek jangka panjang dari suatu hal. Masalahnya, meskipun ia cenderung berpandangan luas, tapi sering terjerumus dalam pernik-pernik kehidupan sehari-hari. Sebuah pertanyaan untuknya: Benarkah hanya keinginan untuk membantu ataukah dorongan tersembunyi untuk menguasai lingkungan, hingga selalu membuat mereka mencampuri urusan orang lain?
2.       Kamis Pahing
Orang yang punya weton ini, memiliki cita-cita yang besar disertai semangat baja. Ia selalu siaga mencari kesempatan untuk memajukan kepentingannya. Ia juga sangat mempedulikan keluarga dan selalu siap membantu saudara yang membutuhkannya. Hal yang perlu diwaspadainya, adalah kecenderungan untuk selalu mengambil kesimpulan tanpa mengetahui fakta-fakta yang lengkap. Terutama dalam pergaulan, yaitu kecenderungan suka membantah tanpa lebih dahulu mengatur pikiran dan kata-kata, hingga membuat orang lain merasa tidak dihargai.
3.       Kamis Pon
Orang yang punya weton ini, biasanya memiliki cita-cita tinggi dan tujuan-tujuan mulia yang berusaha diwujudkan sekuat tenaga. Pikirannya cerdas dan penuh rasa ingin tahu, serta suka mempelajari hal-hal baru yang dapat memperluas wawasan. Tapi, dengan kecenderungan untuk berpikir dan bertindak dalam skala besar, kebanggaan serta rasa percaya terhadap kekayaan materi atau kepandaian, suatu saat dapat dengan mudah menjadi kelemahannya. Mengenai hubungan sosialnya, ia bukan tipe orang yang suka banyak bergaul dan tidak tertarik pada urusan orang lain. Dan ia cukup puas dengan mengandalkan kemampuan pribadi untuk memahami suatu situasi dan menghindarkan diri dari pengaruh orang lain.
4.       Kamis Wage
Orang yang punya weton ini, biasanya memiliki cita-cita setinggi langit. Tapi, ia juga berpegang pada aturan dan dapat cukup berhati-hati dalam mewujudkan tujuan, sehingga seringkali tercapai. Ia juga cenderung pandai dan sering terpaku pada jalannya sendiri serta tidak menghargai saran yang tidak diinginkannya. Meskipun demikian, ia cenderung tampil baik dalam pergaulan dan cukup memesona orang lain dengan sopan-santunnya. Dan sebenarnya ia tidak suka menunjukkan perasaan yang sebenarnya, tetapi mudah dibujuk dengan rayuan, hingga pamer dengan sendirinya.
5.       Kamis Kliwon
Orang yang punya weton ini memiliki rencana-rencana besar dalam hidupnya. Bahkan, karena imajinasinya yang terlalu aktif, terkadang cita-citanya sedikit terlalu besar dan tidak setara dengan keadaannya. Meskipun demikian, ia tidak mudah menyerah, dan sikapnya yang optimis dan terhormat akan membuatnya diterima dengan baik oleh kebanyakan orang. Ia, sebenarnya juga suka menjadi pemimpin, akan tetapi sebaiknya terlebih dulu ia mengendalikan kecenderungannya yang mudah terpengaruh.

E.       JUMAT
1.       Jumat Legi
Orang yang punya weton ini, cenderung bersifat jujur dan kadang terlalu jujur. Itu karena ia adalah tipe orang yang suka mengungkapkan pikiran mereka secara terbuka. Tentang pendiriannya, ia cukup teguh, hingga terkadang malah menghambat kemampuannya untuk menerima orang lain secara apa adanya. Bila amarahnya terpancing, ia dapat bertindak ekstrim. Meskipun demikian, ia setia dan murah hati terhadap orang-orang yang dicintainya. Dan simpatinya pun mudah timbul sehingga tidak keberatan untuk untuk membantu teman atau bahkan orang asing.
2.       Jumat Pahing
Orang yang punya weton ini, pada dasarnya merupakan seorang pembicara yang menyenangkan dengan cita-cita yang tinggi dan hati yang jujur. Meskipun kelihatannya begitu mudah dimanfaatkan orang lain, sebenarnya ia mampu bersikap gigih. Ia juga mampu bersikap ganas saat mengalami hari yang menjengkelkan.   
3.       Jumat Pon
Orang yang punya weton ini, biasanya berpembawaan tenang, serius, dan bijaksana dalam berbicara. Ia adalah tipe yang berjiwa sosial, murni, dan jujur serta mudah bersimpati terhadap orang yang tertindas. Ia mudah beradaptasi dengan orang-orang di sekitarnya dan dapat menyesuaikan diri dengan berbagai situasi seperti seekor bunglon. Akan tetapi, kelebihan ini juga dapat menjadi kelemahan terbesar, karena tidak disertai rasa percaya diri yang kuat, ia dapat dengan mudah dipengaruhi oleh pendapat dan kebiasaan buruk orang lain. Orang yang punya weton ini, sebaiknya banyak bergaul dengan berbagai jenis orang.
4.       Jumat Wage
Orang yang punya weton ini, terkenal sangat mengasihi dan mudah menaruh iba kepada sesama manusia. Ia juga sangat jujur dan setia. Tidak pernah membesar-besarkan kemampuannya sendiri, padahal di dalam hati ia sesungguhnya adalah orang yang tegar. Sangatlah sulit membuatnya mengubah keputusan yang telah ditetapkan. Keyakinannya itu memang sangat mengagumkan atau bahkan hanya suatu kebodohan. Dan saran buatnya, mungkin ia perlu belajar menerima saran orang lain yang bermaksud baik.
5.       Jumat Kliwon
Orang yang punya weton ini, mempunyai kesabaran dan kemurahan hati. Mungkin hal itulah yang mempengaruhi gayanya yang halus. Ia dapat menjadi seorang pemimpin yang baik, karena mempunyai cara berpikir yang luas dan dapat mempengaruhi banyak orang dengan kata-katanya yang pandai. Meskipun terkadang ia sedikit malas, tetapi orang-orang akan tetap mencintainya. Yang jelas, pemilik weton ini tidak akan pernah kekurangan teman.

F.       SABTU
1.       Sabtu Legi
Orang yang punya weton ini, adalah penggemar gaya hidup yang santai dan mewah. Baginya, kualitas selalu menjadi yang terpenting. Hal itu berlaku juga pada kehidupan sosial. Dan ia ingin berada di sekitar orang-orang baik yang ber-IQ tinggi. Ia sendiri tidak kalah dari segi otak. Untungnya ia juga dapat menghargai pandangan orang lain. Meskipun tidak dipungkiri, omongannya terkadang sedikit tajam. Sebuah pertanyaan untuknya adalah: Mengapa orang lain mau bersikap sarkatis (kasar) terhadap anda?
2.       Sabtu Pahing
Orang yang punya weton ini, memiliki semangat hidup yang tinggi, meskipun terkadang berakibat pada kecerobohan. Bila berhubungan dengan suatu hal yang menyangkut materi, ia akan bersikap lebih waspada. Ia juga salah satu tipe yang selalu siap membantu teman yang sedang menderita. Dan kadang, ia juga bersifat lekas naik darah, tapi cepat reda dan melupakan penyebabnya. 
3.       Sabtu Pon
Orang yang punya weton ini, memiliki ego yang besar dan selalu ingin menjadi penguasa di dalam lingkungannya. Meskipun demikian, Ia bukanlah tipe orang yang sulit dalam hal memberi ampun. Bila seseorang mengecewakannya, dan kemudian memohon maaf serta mengaku salah, ia akan memaafkan dan melupakan kesalahan itu dengan cukup mudah. Ia juga suka membayangkan diri sebagai orang yang kaya dan terkenal. Hal itu tidak berarti ia materialistis. Mungkin hal itu berhubungan dengan masa kecil yang kurang bahagia dari segi emosional atau ekonomi.
4.       Sabtu Wage
Orang yang punya weton ini, memiliki sifat teguh pada pendirian. Ia juga sangat mudah naik darah jika rencananya tidak berjalan sesuai dengan keinginan. Barangkali ia akan sedikit banyak bergelut dengan masalah seputar kepercayaan dan rasa memiliki, karena cenderung bersifat cemburuan. Meskipun demikian, ia sangat setia dan murah hati terhadap orang-orang yang disukai. Di samping itu, ia memiliki bakat besar dalam mengatur rumahtangga agar tetap berjalan tenang. Dan ia benar-benar menyukai kemewahan serta sangat menghargai barang-barang yang berkualitas tinggi.
5.       Sabtu Kliwon
Orang yang punya weton ini, punya sifat begitu ramah, sopan, mudah terkesan, dan cenderung memperlakukan semua orang dengan baik, termasuk musuhnya sendiri. Ia juga pintar mengucapkan kata-kata yang menyenangkan. Bahkan, ia termasuk yang memiliki bakat alamiah dalam berbicara dan menulis. Tapi ia tidak dikenal sebagai orang tegar yang berpegang pada pendiriannya. Akan sangat berguna jika ia mau mengembangkan sedikit keberanian dan ketegasan, karena kecenderungannya yang sangat mudah menyerah pada rintangan pertama. Dan biasanya, ia akan memperhitungkan segala tindakan yang diambil dengan cermat. Pertanyaan untuknya adalah: Mengapa mereka sangat mudah terkecoh oleh penampilan seseorang atau sesuatu?

G.     MINGGU
1.       Minggu Legi
Orang yang punya weton ini, merupakan tipe orang yang tegas dan pendiam. Ia terlihat sangat tenang dan terkendali, bahkan saat terbakar amarah, senyuman misterius tidak akan pernah lepas dari bibirnya. Hanya sedikit orang yang diperkenankan mengetahui isi hatinya yang terdalam. Maka dari itu, pada saat ia melepaskan perasaan, baik cinta ataupun benci, hal itu akan menjadi pengalaman yang luar biasa bagi orang-orang di sekitarnya. Ia juga berwatak cerdik, bahkan terkadang licik, dan pandai dalam mengorek rahasia. Selain itu, ia mudah tertarik pada hal-hal yang aneh, mistis, atau misterius. Mencampuri urusan orang lain, adalah sangat menyenangkan baginya. Dan ia cocok menjadi seorang detektif, agen rahasia, atau psikiater yang baik.
2.       Minggu Pahing
Orang yang punya weton ini, diakui memiliki kemampuan yang mengagumkan di bidang apa saja yang digelutinya. Ia adalah pribadi-pribadi kuat yang mampu mempertahankan pendapatnya dalam keadaan sulit sekalipun. Ia juga berpikiran luas dan cenderung ditanggapi dengan baik dalam lingkungan sosial. Anehnya, kelompok ini dapat benar-benar ahli dalam menyembunyikan perasaan-perasaan yang tidak enak, seperti kemarahan, kesedihan, atau penyesalan. Namun, semoga sifat ini tidak berakibat pula pada terpendamnya perasaan-perasaan yang semestinya ditunjukkan secara terbuka kepada orang-orang yang mereka cintai. Dan ia cocok menjadi seorang politikus, doktor UGD, atau agen rahasia.
3.       Minggu Pon
Orang yang punya weton ini, termasuk tipe yang sensitive dan tertutup. Mungkin karena takut disakiti, ia selalu melindungi perasaannya dan selalu berusaha terlihat baik di depan teman-temannya. Walaupun ia mungkin saja mengambil cara yang tidak langsung, tetapi lama-lama ia pasti merebut kesempatan untuk memamerkan kelebihannya, entah dari segi material ataupun intelektual. Dan ia bisa menjadi seorang diplomat yang piawai, bahkan seorang manipulator yang licik.
4.       Minggu Wage
Orang yang punya weton ini, biasanya bersifat pemurah, mudah menaruh iba, dan tahu cara-cara untuk menghibur orang yang sedang menderita. Meskipun ia pandai menenangkan perasaan orang lain, ia tidak akan menunjukkan perasaan mereka sendiri dengan mudah. Ia juga pekerja keras. Tapi, terkadang ia terlalu teguh dalam pendirian, hingga  sangat keras kepala. Dan ia cocok menjadi diplomat, doktor UGD, atau pemadam kebakaran.
5.       Minggu Kliwon
Orang yang punya weton ini, merupakan tipe pendiam, berpendirian tegas, dan berkemauan keras. Ia juga pandai bersosialisasi, pandai berbicara, dan memiliki bakat politik yang besar. Meskipun cukup sensitif, tetapi jangan berharap orang lain akan mempercayainya pada saat mendengar ia beradu pendapat. Ia juga sangat pandai dalam membuat orang selalu menduga-duga perasaannya.
Sumber: 6 Jurus Jitu Membongkar Karakter Orang, Citra Media, 2011

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar